• Cat Rambut
Lipstik Matte

Lipstik Matte

Apa itu lipstik matte?

Setelah terkenal pada tahun 1920, lipstik matte dikenalkan kembali oleh The Kardashians pada tahun 2016, yang pada waktu itu mereka mengeluarkan produk lipstik matte yang habis terjual dalam waktu singkat. Maka mulailah bermunculan lipstik matte dari brand-brand makeup lain. Lalu sebenarnya, apa sih yang membedakan lipstik matte dengan jenis lain?

Dari segi formulanya, lipstik matte memiliki sangat sedikit kandungan minyak sehingga memberi hasil yang tidak mengilap jadi bibir Anda akan terlihat lebih padat ketika menggunakan lipstik jenis ini. Untuk kelebihan dari lipstik matte yaitu finish-nya yang tidak terasa lengket, serta pada umumnya bersifat transferproof sehingga tidak meninggalkan noda pada makanan, gelas, atau sendok.

Tetapi biasanya lipstik matte akan membuat bibir menjadi kering. Untuk itu, sebelum menggunakan lipstik matte, kami menyarankan Anda mengoleskan lip balm untuk memberi kelembapan ekstra pada bibir. Lipstik matte juga sulit dihapus sehingga Anda membutuhkan makeup remover untuk membersihkannya.

Cara memilih lipstik matte

Pilihlah warna yang pas untuk undertone kulit

Undertone kulit sendiri terbagi menjadi tiga, yaitu cool, warm, dan neutral, jadi walaupun Anda memiliki warna kulit yang serupa dengan teman Anda, belum tentu undertone-nya juga sama. Untuk mengetahui undertone kulit Anda sekarang cobalah melihat warna nadi di pergelangan tangan. Apabila terlihat warna biru, itu artinya Anda memiliki cool undertone, warna hijau untuk warm undertone, sedangkan ungu untuk neutral undertone.

Cool undertone dimiliki oleh orang-orang berkulit putih, maka carilah lipstik dengan warna nude, cokelat, pink, dan merah, dan warm serta neutral undertone memiliki range warna kulit yang lebih luas. Untuk pemilik warm undertone dengan kulit berwarna kuning langsat dapat memilih lipstik berwarna peach, maroon, mauve, dan oranye bata. Tapi, jika Anda tergolong memiliki warna kulit gelap, lipstik dengan warna keunguan, pink, dan merah tua cocok untuk Anda,tetapi pemilik neutral undertone adalah yang paling beruntung dari semuanya karena pemilik neutral undertone dapat menggunakan semua warna tersebut. Cukup sesuaikan dengan range warna kulit agar bisa menemukan yang pas. Kalau Anda sudah tahu undertone kulit Anda maka pilihlah warna yang tepat.

Utamakan produk yang dapat memberi kelembapan

Anda bisa memilih lipstik matte yang dilengkapi kandungan pelembap, seperti squalane, jojoba oil, madu, atau argan oil karena kandungan tersebut akan menjaga kelembapan bibir Anda sehingga mengurangi efek bibir yang kering. Di samping itu, lipstik matte yang dilengkapi pelembap juga terlihat lebih bagus pada bibir karena tidak menonjolkan garis-garis bibir.

Untuk info tentang make up dan lipstik matte silahkan klik di sini