• Cat Rambut
Facial Wajah

Facial Wajah

Sebenarnya, apa itu facial wajah?

Facial wajah adalah proses untuk membersihkan wajah dari kotoran, debu, minyak, sel-sel kulit mati dan komedo.

Tahapan facial dimulai dari pembersihan wajah (cleansing), scrubbing, pemijatan, penguapan, ekstraksi komedo, dan pemakaian masker yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kulit masing-masing pasien. Kulit wajah yang iritasi atau infeksi tidak disarankan untuk melakukan facial karena dapat memperparah masalahnya. Jadi sebaiknya tunggu hingga masalah kulit Anda sembuh total dulu atau setidaknya mereda sebagian. Jika sudah membaik, barulah Anda boleh melakukan facial.

 

Adakah efek samping dari facial wajah?

Sama dengan perawatan kecantikan yang lain, facial wajah juga memiliki potensi efek samping. Meski begitu, efek sampingnya cenderung ringan. Untuk efek samping yang paling sering terjadi setelah facial wajah di antaranya ruam kemerahan, gatal pada kulit, kulit kering, reaksi alergi, iritasi, dan muncul bruntusan atau jerawat. Efek samping ini biasanya muncul karena kulit Anda ternyata tidak cocok dengan bahan-bahan yang dipakai selama facial.

Ada beberapa kasus tertentu dimana seseorang juga bisa saja mengalami efek samping yang cukup berat, seperti terjadi kerusakan tekstur kulit karena prosedur ekstraksi jerawat atau komedo yang tidak tepat sehingga kulit wajah mengalami luka, lecet atau bahkan bopeng.

 

Bolehkah facial saat jerawatan?

Facial saat berjerawat boleh-boleh saja. Namun, perhatikan dulu seberapa parah jerawatnya. Ingat, facial bukan untuk menyembuhkan jerawat. Facial hanya membersihkan wajah dan membersihkan komedo saja .

Ketika jerawat Anda aktif dan meradang, bahkan hingga merah atau bernanah, saya tidak menyarankan Anda untuk facial dulu. Perawatan ini nantinya malah berisiko memperparah reaksi radang. Lakukan perawatan untuk jerawat Anda dulu dan  tunggu sampai kondisi kulit membaik, barulah boleh facial.

proses ekstraksi hanya dilakukan pada komedo, baik komedo hitam (blackhead comedones) maupun komedo putih (whitehead comedones). Untuk jerawat yang sedang meradang, merah atau bernanah TIDAK BOLEH diekstraksi maupun dipencet karena dapat mengakibatkan jerawat bertambah besar dan meradang hingga terinfeksi atau menyebabkan bopeng.

 

7 Tahapan Saat Perawatan Facial dan Fungsinya

  1. Pembersihan

Wajah harus dipersiapkan terlebih dahulu dengan cara dibersihkan  supaya skincare yang akan diaplikasikan nantinya akan lebih meresap.

  1. Penguapan

Untuk membuka pori-pori sekaligus melembutkan kulit dilakukan penguapan, jadi komedo akan lebih mudah terangkat dari kulit serta sel kulit mati dan sisa-sisa kotoran dapat luruh bersama keringat yang keluar.

  1. Pengelupasan

Proses pengelupasan dilakukan dengan micropeel atau microdermarsi untuk mengangkat sel kulit mati .

  1. Ekstraksi

Ini tidak disarankan untuk kulit berjerawat karena bisa membuat jerawat meradang.

  1. Pemijatan

Dilakukan untuk relaksasi otot wajah yang menegang sekaligus memperlancar sirkulasi darah.

  1. Masker

Untuk meredakan efek dari ekstraksi, pengaplikasian masker adalah salah satu tahap yang pasti dilakukan dan biasanya jadi favorit dari semua tahapan.

  1. Pengaplikasian pelembap dan tabir surya

Yang terakhir adalah pengaplikasian pelembap dan tabir surya sebagai perlindungan dan hindari paparan matahari yang intens untuk mencegah inflamasi setelah facial. Info seputar facial wajah bisa dilihat klik disini